Sunday, October 18, 2009

TUGAS MPK

Downgrade Windows Vista or Install Windows XP Profesional SP2 on Acer Aspire M1641

Sebetulnya sudah banyak tips dan trick dalam menginstall windows xp kedalam mesin PC Desktop Acer Aspire M1641 di internet. Namun untuk mempermudah saya dalam mengingat-ingat dan menemukan catatan ini akan lebih baik jika saya tulis saja sendiri kedalam blog saya. Sehingga jika ada teman yang menanyakan cara downgrade ataupun instal windows xp di PC Desktop/Laptop yang sekarang ini hanya support windows vista, tidak akan capek memberikan tutorial kepada mereka, cukup masuk kedalam blog saya.

Pc Desktop maupun laptop yang keluaran baru pada umumnya compatible dan terinstall operating system windows vista, namun kadang karena resources yang cekak -misal memory yang cuman 1Gb- membuat kinerja komputer menjadi lemot untuk menjalankan operating system windows vista ini. Maka kebanyakan para user mencoba untuk mendowngrade system yang sudah terinstal dengan windows vista tersebut atau install ulang dengan operating system windows xp yang lebih sedikit dalam menggunakan resources komputer selain mereka yang tidak familiar dengan interface windows vista. Kesulitan yang dihadapi dalam menginstal windows xp kedalam mesin komputer model baru adalah hard drive controllersnya tidak support beberapa hal seperti : PC keluaran baru tidak memiliki floppy disk drive, hard drive di pc baru berbasis sata yang mana untuk dapat membaca harus menjalankan driver sata-nya dahulu dan drivernya sendiri ada di cd driver bawaan. Sehingga pada saat instalasi win xp akan muncul blue screen karena tidak menemukan hard drivenya.

Langkah-langkah instalasi windows xp:

Karena saya sering berhadapan dan menemui pc desktop keluaran Acer Aspire M1641, maka saya akan menunjukan kepada anda bagaimana menginstal windows xp prof. SP2 kedalam mesin ini. Persiapan yang perlu dilakukan adalah :

  1. Siapkan driver-driver yang diperlukan Acer Aspire M1641 (dapat ditemukan dalam CD Drivernya yang berisi u/ windows vista dan xp) jika kesulitan mendapatkannya dapat mendownload dari website resmi acer disini atau anda dapat mendownload Sataraid driver disini untuk lan controler anda juga dapat mendownload Lan controler disini. Ekstrak terlebih dahulu driver tersebut dan copykan/simpan di media penyimpanan seperti usb flashdisk atau mmc.
  2. Siapkan CD Master Windows xp prof sp2
  3. Download juga program dengan nama nlite yang berguna jika anda mau menginstal atau menggabungkan driver sata tersebut diatas kedalam satu cd master windows xp prof sp2. Program nlite dapat anda temukan disini atau nLite-1.4.9.1 setelah itu install program nLite kedalam komputer lain yang nanti akan digunakan menggabung Master program Win XP Prof SP2 dengan driver sata.

Setelah persiapan tools diatas siap, maka langkah selanjutnya ada instalasi. Ada dua cara yang dapat anda lakukan dalam menginstal win xp kedalam mesin pc acer aspire M1641, langkah pertama dengan menggunakan mmc :

  1. Gunakan MMC yang telah anda copykan atau isikan file-file driver sata yang sudah anda download diatas. Mmc ini adalah digunakan sebagai pengganti floppy drive di pc acer aspire m1641 anda yang mana tidak memiliki floppy drive. Masukan mmc ini kedalam card reader yang ada pada acer aspire m1641.
  2. Masukan CD Master Windows XP Prof SP2 kedalam CD/DVD Rom PC Acer Aspire M1641 dan boot ulang dan arahkan booting defaultnya ke CD/DVD tersebut. Biasanya dengan menekan tombol F12 pada saat booting awal.
  3. Tekan Enter untuk mulai instalasi dari CD/DVD Rom.
  4. Tekan F6 pada halaman pertama yang muncul saat instalasi Win XP untuk menentukan lokasi driver sata. Arahkan ke mmc dan pilih semua driver kemudian tekan enter u/ mulai instalasi selanjutnya.
  5. Kemudian akan menanyakan lokasi driver sata berada, tekan tombol ‘S’ untuk specify lokasi dan tekan Enter untuk melanjutkan instalasi.
  6. Sampai disini proses instalasi windows xp berjalan seperti biasa, dan seharusnya tidak akan menemukan blue screen.

Untuk langkah kedua dengan menggunakan program nLite,

  1. Disini anda harus menggunakan pc lain sebagai alat bantu. Install nLite terlebih dahulu pada pc lain
  2. Masukan CD Master installer Windows XP Prof SP2 kedalam CD/DVD Rom pc lain yang sudah terinstal nLite
  3. Jalankan nLite dengan langkah sebagai berikut
  4. Tekan Next untuk memulainya nLite-1
  5. Pilih lokasi dimana CD Master Installer Win XP berada lalu pilih dimana lokasi tempat penyimpanan sementara file master tersebut ke dalam hard drive dikomputer. Sebaiknya simpan dalam folder tersendiri. nLite-2a nLite-2
  6. Setelah selesai, tekan Next untuk masuk ke langkah import lewati langkah ini tekan Next lagi untuk seting parameter. Klik “Drivers” pada kotak Integrate dan klik “Bootable ISO” pada kotak Create nLite-3 lalu klik Next
  7. Pada jendela Driver Integrate, anda klik Insert dan pilih yang Multiple Driver Folder lalu cari dimana anda menyimpan driver sata tadi pilih All dan klik OK setelah itu semua driver yang ada akan terintegrasi jangan lupa pilih Texmode Driver lalu tekan Next nLite-5 untuk proses penggabungan
  8. Langkah selanjutnya adalah menentukan apakah anda akan create image file yang nanti bisa di burn di cd kosong atau langsung burn di cd kosong. Jika di burn langsung maka siapkanlah cd R yang kosong di CD/DVD Writter PC anda lalu pilih Direct Burn nLite-7 nLite-7a lalu klik Burn dan tunggu sampai selesai burning cd master windows xp yang sudah kita integrate dengan driver sata. nLite-8 lalu tekan Next dan Woyla! we have new CD Master Installer Windows XP Prof SP2 with integrating Sata Driver for Acer Aspire M1641.
  9. Gunakan cd master baru ini untuk proses instal windows xp prof sp2 di pc Acer Aspire M1641 anda.
Demikian sedikit tutorial mengenai “Bagaimana menginstal Windows XP Prof SP2 kedalam PC Desktop Acer Aspire M1641″ yang pada dasarnya adalah compatible dengan Vista. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman semua, akhir kata “Tak ada gading yang tak retak” jika ada salah kata dan urutan yang membinggunkan silahkan diresapi sendiri.

1 comment:

TUGAS MPK

Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membeli motherboard

Jika sebuah PC telah dibangun maka butuh kerja sama antar komponen-komponen agar dapat bekerja lebih baik atau bahkan bekerja secara maximal sesuai dengan yang kita harapkan. kerjasama tersebut juga dipengaruhi oleh ketelitian kita sebelum membeli komponen sebuah PC. Pada dasarnya jika PC kita sudah bekerja dengan baik maka segala sesuatu dapat dengan mudah dikerjakan. tetapi untuk itu dibutuhkan juga kekompokkan dalam bekerja atau orang sering menyebutnya dengan compatible.
Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah MotherBoard, karena MotherBoard adalah bagian terpenting dalam pemilihan komponen komputer. MotherBoard akan menentukan memory dan prosesor apa yang harus anda gunakan. Dari tipe chipset pada MotherBoard pula kita harus melihat untuk menentukan jumlah RAM yang dapat ditampung, Video on board, dan juga sound on boardnya.untuk itu jika kita hendak membeli MotherBoard maka jangan terlalu bernafsu hanya karena harga murah atau harga yang paling mahal. karena murah bisa saja menjadikan MotherBoard cepat aus dan MotherBoard yang berharga tinggi juga belum tentu sebagus MotherBoard tingkat dibawahnya.carilah MotherBoard yang mendukung prosesor dua tingkat dibawahnya. misalnya kita membeli MotherBoard yang mendukung FSB 1066, intel socket LGA 775 atau intel socket 478. dengan socket intel LGA 775 kita dapat menggunakan prosesor CPU QUAD QORE 2.66 GHZ, INTEL CORE 2 DUO 2.13 GHZ, prosesor INTEL pentium 4 3.6 GHZ dan juga dapat menggunakan kelas dibawahnya yaitu prosesor INTEL pentium D 3.46 GHZ. Dengan intel socket 478 kita dapat menggunakan prosesor INTEL pentium 3.4 GHZ atau dapat menggunakan prosesor INTEL celeron D 2.66 GHZ.carilah MotherBoard yang dapat mendukung memory tercepat.
Sekarang ini sudah zamannya menggunakan memory DDR2, dimana satu keping memory tersebut sudah menampung 1GB memory.carilah MotherBoard yang mendukung video card. dan baru-baru ini SAMSUNG telah memproduksi chip memory 80nm nya. yang telah banyak dipakai oleh produsen video card dan juga harddisk. dengan chip memory 80nm nya, kapasitas buffer pada harddisk dan video card meningkat. jika kita terjegat oleh kendala uang, carilah MotherBoard yang terdapat video on board.yang terakhir carilah MotherBoard yang telah menyediakan fitur RAID, LAN, USB 2.0 dan FIREWIRE.
PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS PROSESSOR
Processor sering di sebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang processor1 ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Bagian dari Prosesor terpenting terbagi 3 yaitu :
- Aritcmatics Logical Unit (ALU)
- Control Unit (CU)
-Memory Unit (MU)
1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972 : 8008 MicroprocessorPada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.
1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.